Bangga Bangsaku | Kompetisi Website Kompas Muda – Kfc

January 25, 2010

Bangga dalam kamus besar bahasa Indonesia berarti  besar hati; merasa gagah (krn mempunyai keunggulan), dan Bangga Bangsaku bermakna mempunya rasa besar hati dan merasa gagah dengan bangsa, dalam hal ini bangsa kita, Indonesia !

KOMPETISI WEBSITE KOMPAS MUDA – KFC

KOMPETISI WEBSITE KOMPAS MUDA – KFC

Rasa kebanggan terhadap bangga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara . dari hal paling sederhana yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari hingga hal hal yang berlaku secara luas dan berdampak cukup besar . Secara Lebih jauh lagi bagaimana kita dapat memupuk dan memiliki rasa bangga terhadap bangsa adalah dengan terlebih dahulu kita harus mengenal segala sesuatu yang berkaitan dengan bangsa kita- Indonesia. Banyak Hal yang bisa kita kita gali lebih dalam untuk setidaknya terlebih dahulu mengenali hingga benar benar timbul rasa bangga dan ikut memiliki.

Salah satu hal tersebut antara lain adalah menyadari bahwa bangsa kita memiliki keberagaman kebudayaan, keberagaman secara langsung mengakibatkan perbedaan dalam kebudayaan, dalam hal ini adalah adat istiadat, pakaian daerah, tarian daerah, bahasa daerah, kesenian daerah, permaian daerah, dan sebagainya. Namun dengan segala perbedaan yang ada, bila disatukan dengan baik akan menimbulkan rasa kesatuan dan persatuan yang kuat bangsa Indonesia.

Era globalisasi yang semakin hari semakin berkembang dan tumbuh dengan pesat, menyebabkan pertukaran kebudayaan antar Negara dapat berlangsung dengan mudah . Hal ini dapat menimbulkan berbagai dampak, baik positif dan negative , Dampak negative dari era globalisasi yang terjadi adalah, bangsa yang pemudanya tidak memiliki rasa kebanggaan terhadap bangsanya, akan terkikis dengan kebudayaan bangsa lain , sehingga kebudayaan asli yang ada akan sedikit demi sedikit terkikis, baik itu dari rasa memiliki, ataupun terkikis oleh ulang bangsa lain , yang dengan sengaja berusaha mengambil alih kebudayaan kita.

Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sangat beragam, hal ini dikarenakan Indonesia terbentuk dari ribuan kepulauan, dan terpisahkan oleh lautan. Masing masing daerah memiliki cirri khas , yang ditunjukkan dengan pakaian adat, bahasa daerah, rumah adat, dan lain lain. Dengan keberagaman ini seharusnya para pemuda yang ada sedari dini diajarkan terlebih dahulu mengenal apa yang dimiliki oleh daerahnya, terlebih memahami dan mengeri secara lebih jauh, dan juga nantinya dapat diharapkan untuk saling menukar kebudayaan antar daerah. Dengan mengerti para pemuda akan terus terpacu untuk terus belajar , dan dengan rasa memiliki inilah dapat memupuk rasa bangga terhadap bangsanya, yaitu Indonesia.

Rasa Kebanggan yang dimiliki oleh para pemuda suatu bangsa akan berdampak sangat besar terhadap bangsa itu sendiri, dengan rasa bangga dan rasa ikut memiliki, masing masing pemuda akan berusaha untuk selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan . Sehingga bangsa Indonesia akan terus berkembang menjadi semakin besar dan membanggakan di mata dunia.

Marilah Kita sebagai pemuda bangsa Indonesia, untuk ikut andil dalam pembangunan bangsa kita ini, dengan berawal dari mengenal, mengetahui, mempelajari, sehingga tumbuh rasa bangga, dan merasa memiliki terhadap bangsa kita tercinta, Indonesia ! .

KOMPETISI-WEBSITE-KOMPAS-MUDA-KFC

KOMPETISI-WEBSITE-KOMPAS-MUDA-KFC

KOMPETISI WEBSITE KOMPAS MUDA – KFC

Advertisements

10 Responses to “Bangga Bangsaku | Kompetisi Website Kompas Muda – Kfc”

  1. […] KOMPETISI WEBSITE KOMPAS MUDA – KFC Possibly related posts: (automatically generated)Pakaian Adat Palembang – SONGKET Posted by banggabangsaku Filed in KOMPETISI WEBSITE KOMPAS MUDA – KFC, Pakaian Adat ·Tags: KOMPETISI WEBSITE KOMPAS MUDA – KFC, Pakaian Adat, songket palembang Leave a Comment » […]

  2. raditya83 said

    wah tentang bangga sama bangsa kita ya gan….
    ok
    mnurut ane kita sbg bangsa indonesia sih emang harus bangga karna itu adalah tanah air kita tempat dimana kita lahir, kita bisa seperti ini dengan perjuangan yang sangat susah payah oleh pahlawan jaman dulu melawan penjajah…. kita seharusnya sih bangga sama bangsa kita sendiri karna sudah kuat berdiri selama 60 tahun lebih……… jadi buat apa kita ngata2in bangsa sendiri ya gak…… ngejelek2in bangsa sendiri kaya ngatain foto orang alay, bhsnya alay itu malah merusak moral bangsa….
    ane bangga jadi orang indonesia karna :
    1. bangsa yang kuat bisa bertahan lbh dari 60 taun sampe sekarang malah
    2. banyak orang2 pinter yg lahir dari indonesia
    3. banyak orang terkenal dari indonesia
    4. pakar ahli teknologi juga kebanyakan dari indonesia….

    jadi ngapain susah2 kita ngatain bangsa sendiri…
    :iloveindonesia:iloveindonesia:iloveindonesia:iloveindonesia:iloveindonesia

  3. Kalau masalah bangga atau tidaknya, saya bangga jadi warga negara Indonesia dan saya sangat bangga dengan bangsa ini. Jujur saja, awalnya sewaktu saya kuliah dulu saya sempat berpikir untuk bisa hidup di negeri orang (negara lain), mempunyai penghasilan yang wahhh, dan hidup serba berkecukupan dengan fasilitas teknologi yang serba wah. Karena dulunya yang ada dalam otak saya itu adalah : apa sih yang bs diambil dr negeri ini…???? Kerjaan susah dengan gaji yang sangat minim sekali….. Itu dulunya. Setelah saya berangkat ke Jakarta u merantau akhirnya saya merubah semua yg ada di pikiran saya, ternyata negara ini kaya gan, kaya dengan adat istiadatnya, kaya dengan keragaman yang ada dari sabang sampai merauke, kaya dengan keindahan alamnya. Dan itu juga saya dapat pengakuan dari salah seorang turis yang liburan ke Indonesia, dia bilang : “Saya cinta Indonesia, saya sering berkunjung ke Indonesia, karena keindahan alam dan keragaman budaya yang dimiliki…..”
    Akhirnya saya membuka mata lebar2 dan melihat ternyata memang negara ini kaya, banyak yang bisa diolah dan akan membuat kita menjadi terpandang mata dunia. Khusus bidang Pariwisatanya, kalau bener2 diolah dan dikelola dengan baik Indonesia akan menjadi pilihan utama negara lain untuk berlibur.
    Sedikit catatan : Pernah dengar Pulau Sikuai? Pernah dengan ombak Pulai Mentawai? Sikuai adalah pulau terindah yang ada di Sumatera Barat dan Ombak Mentawai merupakan ombak terbagus nomor 2 di dunia untuk surfing yang semuanya itu ada di Sumatera Barat.Dan saya asli putra daerah Sumatera Barat…..

    Sooo….. Aku Cinta Indonesia, Aku Cinta Negeri Ini…….

    Salam : gadeok [kaskuser]

  4. bideck2 said

    kalo bukan kita, siapa lagi yang akan membanggakan bangsa ini…

    memang Indonesia belum sempurna seutuhnya…
    memang Indonesia belum menjadi yang terbaik di semua bidang…
    memang Indonesia belum bisa mempekerjakan seluruh penduduknya…
    dan masih banyak lagi “memang” yang lainnnya…

    tapi apakah kita harus berdiam diri mengetahui itu semua???
    TIDAK TENTUNYA!!!!
    *bold and capslock mode:on

    kita sebagai bangsa Indonesia harus berupaya sekuat tenaga mengembangkan negara ini…
    kenapa harus kita?
    bukannya menyenangkan ketika nama Indonesia disebutkan di forum dunia, dan kita mengatakan, ITU NEGARAKU…
    bahkan anda dapat mengatakan itu sekarang…
    tanyakan kepada dunia, apa yang anda suka dari Indonesia?
    anda qkan menemukan jutaan jawaban berbeda yang akan sangat mengagetkan diri anda…

    1 contoh: Indonesia dikenal dengan keragaman budayanya yang sangat beraneka ragam…
    tapi mereka semua bisa bersatu dibawah naungan satu kata, Indonesia…

    HEBAT! kata ini tidak cukup untuk menggambarkan Indonesia…

    by id kaskus: bideck2

  5. callmekyon said

    hmmm,,,,kebanggaan ya,,,,sebagai bagian dari bangsa sudah tentu ane membanggakan bangsa ini,,,bangsa kita punya kultur yang luar biasa lo,,,contoh aja nyepi dibali,,bayangkan satu pulau menjadi sepi untuk 1 hari,,,negara mana lagi yang bisa seperti ini ? intinya bukanlah nyepinya,,,melainkan partisipasi masyarakatnyalah yang membanggakan,,,dengan kata lain toleransi,kekerabatan,dan persaudaraan,,rasa inilah yang paling saya banggakan dan memang saya sendiri merasakan,,,selain itu keindahan alamnya pun luar biasa lo,,,bila tidak,,mana mungkin banyak wisatawan asing berdatangan,,,bila orang asing saja bisa mengakui,mana mungkin kita yang berdarah daging lokal ini tidak membagakannya ?

  6. adit53 said

    pertama… ehm… kita kan bangsa indonesia… tau gak kita itu bangsa berkepulauan terbesar, terbanyak seni budayanya, terbanyak bahasanya,terbanyak suku bangsanya… tetapi yang paling hebat bangsa indonesia bisa bersatu…. bahkan bukan bersatu bangsa kita bisa membuat situs2 hebat seperti kaskus… untuk mempersatukan bangsa kita ini… tau gak kaskus tuh salah satu kehebatan bangsa indonesia… saya jadi bangga akan karna itu…
    saya juga bangga karna indonesia itu mampu memerdekakan bangsanya sendiri tanpa bantuan jepang wah itu tuh yang saya paling banggakan gak berharap kemerdekaan dari jepang….. saya juga bangga menjadi bangsa indonesia karna indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak ya kan… segitu aja ya gan gak kuat lagi ngetiknya kebanyakan

  7. kucinggilaa said

    Simpel aja, gw sebagai mahasiswa jg turut perihatin atas banyaknya anak muda yg mulai lupa dengan kebudayaan bangsa sendiri.

    Padahal banyak dari bangsa kita ini yg bisa kita banggakan, oleh karena itu. Agar kita bisa bangga, kita harus kenali dulu apa yg bisa kita banggakan dr negri kita sendiri jgn hanya melihat sisi negatifnya.

  8. semuel said

    Sebagai mahasiswa yang sedang menyelesaikan pendidikan d bidang Biologi, saya merasa bangga atas biodiversitas bangsa ini. Indonesia adalah negara dengan tingkat biodiversitas yg tinggi, baik di darat maupun d laut.Banyak hewan langka, hewan yang sudah terancam punah, dan hewan eksotis lainny yg tidak ad d negara lain. SDA yg melimpah seolah menjadi kebanggaan tersendiri sebagai warga Indonesia. Tetapi, ada beberapa poin yang harus kita renungkan.

    Selama d ruang kuliah, dosen morfologi tumbuhan saya selalu mengingatkan akan potensi besar yang dimiliki bangsa ini. Dari pengalamanny d Jepang, beliau berkata bahwa saking sangat sayangny akan tumbuhan, para peneliti disana melindungi pohon2 yang sudah tua dengan berbagai cara, tetapi lihatlah kondisi alam d Indonesia. Saya sangat bangga akan potensi SDA Indonesia, tetapi saya juga malu melihat laju pengerusakkan hutan yang terjadi dewasa ini. Indonesia memperoleh gelar Guiness book atas laju pengerusakkan hutan tercepat. Bayangkan!!

    Karena itu, sebagai generasi muda Indonesia sudah sebaikny kita melihat keadaan sekarang kita hidup. Mulailah cintai lingkungan dan mulailah dari sekarang dari yang paling sederhana.

  9. Johandi said

    Sudah semestinya kita bangga akan Bangsa kita sendiri.. Bangsa Indonesia..

    “Bhineka Tunggal Ika”
    Sudah sering sih kita dengar yah.. tapi.. apa kita pernah memaknainya??

    Kita harus punya rasa bangga untuk bisa mewujudkan nya, walaupun kita berbeda tapi kita adalah satu.. tapi tidak sesimple itu..

    kalau kita bersatu tapi ada yang bangga dan ada yang tidak.. toh sama aja bakal terjadi perpecahan..

    “Kekuatan sejati itu adalah dimana kita selalu bersama-sama disaat orang lain ingin kita berpisah”

    sudah seharusnya semua pihak bangga akan Bangsa Indonesia. Tanpa memandang SARA kita semua harusnya sadar dan mau bersama-sama membangun Bangsa ini menjadi semakin baik.

    “Dunia mengakui Bangsa Indonesia, mengapa kita malah terpecah?”

    Aneh memang, banyak yang mengakui Indonesia dalam banyak pihak, tapi kita sendiri sebagai warga malah menilai selalu dari yang negatif, di dunia ini memang sudah hukumnya ada positif dan negatif. Tergantung kita menyikapinya, dimana kita mau melihat kita berada.

    Positif lah memandang Indonesia, karena kita Bangsa Indonesia..

    Ingatlah pemuda-pemudi, akan sumpah kita “Soempah Pemoeda”

    Saya bangga dengan Indonesia.

  10. Elang Biru said

    BANGGA pada bangsa kita ya???…..hmmmm….apa yang dibanggakan???? Perpecahan???ketidak adilan???kerusuhan???KKN????Rasisme???……
    Masih banyak hal yang tidak pantas di banggakan yang masih tampak di wajah bangsa ini….
    Kita mengaku bangsa yang besar,terdiri dari banyak pulau dan suku…tapi masih banyak rakyat kita yang tidak tau,….. PAPUA itu di mana. MALUKU itu di mana,….itu kan artinya kita tidak sebesar yang di sebutkan itu……. kata orang, jangan terlalu membanggakan diri kita, karena mungkin ada orang lain yang jauh lebih baik dari kita……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: